Rabu, 20 Agustus 2014

BUNGA LENGKAP DAN BUNGA SEMPURNA




Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki alat kelamin dan memiliki semua bagian-bagian bunga (tangkai, mahkota, putik, benangsari, mahkota, dan tangkai). Contoh bunga lengkap adalah bunga sepatu.
Alat kelamin bunga terdiri dari:
          -Putik, yaitu alat kemalin betina, teridiri dari kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah.
          -Benang sari yaitu alat kelamin jantan, terdiri dari kepala sari dan tangkai sari.
Di dalam bakal buah terdapat bakal biji yang berisi intin kandung lembaga dan sel telur. Sedangkan di dalam kepala sari ada kotak sari dan serbuk sari.
Contoh bunga lengkap  adalah; bunga mawar, bunga melati, dan kembang sepatu.
 



bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki  seluruh struktur bunga/tidak memiliki salah satu bagian bunga. Contoh bunga tidak lengkap adalah bunga rambutan,kamboja, jepung Bali, bunga kelapa,kaktus.









bunga sempurna adalah bunga yang memiliki 2 jenis alat kelamin, yaitu benang sari dan putik secara bersama-sama dalam satu organ  biasanya disebut bunga sempurna Bunga sempurna bunga juga memiliki lima bagian yaitu tangkai, kelopak mahkota, benang sari dan putik
Bagian di atas tangkai bunga agak membesar, disebut dasar bunga. Saat bunga masih kecil, dasar bunga ini dibungkus oleh kelopak bunga. Mahkota merupakan tampilan paling indah pada bunga.
Benang sari berada di antara mahkota bunga dan mempercantik tampilan bunga. Benang sari ini berbentuk seperti benang, biasanya dengan warna yang berbeda dengan mahkota bunga. Benang sari merupakan alat kelamin jantang pada bunga. Dengan benang sari, bunga terlihat lebih indah dan mempesona.
Di tengah-tengah benang sari tumbuh putik, biasanya dengan bentuk, warna, di ukuran yang berbeda. Putik merupakan alat kelamin betina pada bunga. Akan tetapi tidak semua bunga memiliki putik atau benang sari.
Bunga yang memiliki benang sari dan putik pada satu bunga, pada saat penyerbukan tidak memerlukan sel kelamin dari bunga lain, karena kedua jenis sel kelamin sudah terdapat pada bunga itu. Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki 2 jenis alat kelamin, yaitu benang sari dan putik.



Bunga tidak sempurna adalah bunga yang tidak memiliki salah satu alat perkembangbiakan.
Contoh:alang-alang








Buah sejati :
adalah buah yang terbentuk dari bakal buah saja dan karena buah ini biasanya tidak diselubungi oleh bagian lain,maka dinamakan buah telanjang (fructus nudus).contoh : mangga, rambutan,mete dll. Buah sejati terbentuk dari bakal buah saja












Buah semu :
adalah buah yang terbentuk dari bakal buah beserta bagian lain pada bunga yang malahan menjadi bagian utama dari buah tersebut.contoh : nangka, nanas, apel dllbuah semu terbentuk dari bakal buah beserta bagian lain pada bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar