Selasa, 16 September 2014

PENGARUH NARKOBA TERHADAP KEHIDUPAN REMAJA



PENGAURUH NARKOBA TERHADAP KEHIDUPAN REMAJa
               
Indonesia telah menjadi perdagangan gelap narkoba. penyalahgunaan narkoba adalah usia 15 s/d 24 tahun. Penyalahgunaan diawali dengan bujukan, tawaran atau tekanan dari teman sebaya. Didorong rasa ingin tahu atau ingin mencoba mereka mau menerimanya. Selanjutnya, dari pemakaian sekali kemudian beberapa kali dan akhirnya menjadi ketergantungan terhadap narkoba Jenis narkoba yang sering di salahgunakan antara lain heroin, ganja, sabu dan lain - lain. Seseorang atau remaja yang menggunakan narkoba biasanya untuk mengatasi stres, bersenang - senang, dan untuk sosialisasi terhadap teman lain. Dampak negatif dari narkoba ini pun banyak diantaranya dapat menyebabkan kematian. Untuk dampak positif narkoba diantaranya yaitu dapat dijadikan obat bius ketikan operasi sesuai dengan petunjuk dokter.
A.AKIBAT PENYALAHGUNA’AN NARKOBA:
- Terganggunya fungsi otak dan perkembangan normal remaja seperti daya ingat berkurang, sulit untuk berkonsentrasi, keinginan dan kemampuan belajar merosot, persahabatan rusak, serta minat dan cita - cita semula padam.
- Overdosis (OD), yang dapat menyebabkan kematian karena terhentinya pernapasan OD terjadi karena toleransi sehingga perlu dosis yang lebih besar, atau karena sudah lama berhenti pakai, lalu memakai lagi dengan dosis yang dahulu digunakan.
- Gangguan kesehatan,yakni kerusakan atau gangguan fungsi organ tubuh seperti hati, jantung, paru - paru, ginjal, kelenjar endokrin, alat reproduksi,penyakit kulit dan kelamin, kurang gizi, penyakit kulit, dan gigi berlubang.
- Kendornya nilai – nilai, yakni mengendornya nilai – nilai kehidupan agama, sosial, budaya, seperti perilaku seks bebas dengan akibatnya. Sopan santun hilang. Ia menjadi asosial, mementingkan diri sendiri, dan tidak memperdulikan orang lain.




B. SARAN:
Saran saya, Kita juga harus menjauhi rokok karena rokok merupakan pintu gerbang untuk masuk kepada pemakaian ganja, heroin, ekstasi, alkohol, dan sabu yang banyak disalahgunakan. Dan tidak mencoba – coba yang namanya narkoba karena berawal dari coba – coba maka narkoba akan membawa petaka bagi kita, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
Cara untuk menghindari yang namanya narkoba yaitu bentengi diri dengan iman agar selalu dekat kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. Apabila diberi sesuatu barang yang berbentuk pil, terigu, kapsul,air dengan bentuk yang menarik dari seseorang yang tidak dikenal maka usahakan kita berkata “tidak”.

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar