Jumat, 21 November 2014

Kereta Api Lodaya



Kereta Api Lodaya adalah nama kereta api kelas Bisnis dan Eksekutif yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Jawa dengan jurusan Bandung Hall-Solo Balapan dan sebaliknya.

Peresmian dan operasional
Kereta api Lodaya diluncurkan pertama kali pada tanggal 11 Maret 1992 melayani perjalanan koridor Bandung - Yogyakarta dan sejak tanggal 1 September 1992 diperluas layanannya untuk melayani perjalanan koridor Bandung - Solo. Sebelumnya kereta api ini dikenal dengan nama KA Pajajaran/Senja Mataram. Pada tanggal 2 Mei 2000 dilakukan peremajaan rangkaian kereta api Pajajaran/Senja Mataram dan diganti namanya menjadi KA Lodaya.

Kereta api ini menawarkan alternatif perjalanan pada malam hari dari arah Solo menuju Bandung dan pada pagi hari dari arah sebaliknya. Dalam perjalanan Bandung - Solo pada pagi hari penumpang dapat menikmati indahnya panorama Bumi Parahiyangan bagian timur. Perjalanan sejauh 447 km berhenti di stasiun Kiaracondong, Cipeundeuy, Tasikmalaya, Banjar, Sidareja, Maos, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, dan Klaten.

Saat ini KA Lodaya terdiri atas KA Lodaya Pagi dan KA Lodaya Malam. Formasi rangkaian KA Lodaya adalah: 1 Lokomotif Seri CC206, CC201, CC203 Dari Dipo Lokomotif (BD) Bandung + 4 Kereta Kelas Eksekutif Satwa (K1 BD) + 1 Kereta Makan Dan Pembangkit (MP1, KMP2 BD) + 3 Kereta Kelas Bisnis Ac (K2AC BD) + 1 Kereta Aling-Aling Seperti Kereta Bagasi dan Kelas Bisnis Yg Tidak Terpakai Lagi (B, K2 BD).

Asal-usul nama
Nama Lodaya diambil dari cerita rakyat di Tatar Sunda yakni Macan Lodaya yang merupakan penjelmaan dari Prabu Siliwangi ketika berhadapan dengan anaknya, Raden Kian Santang
Jadwal Perjalanan
Jadwal perjalanan KA Lodaya mulai 1 Juni 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar