Jumat, 21 November 2014

Kereta Api Matarmaja



KA Matarmaja adalah Kereta Api Penumpang Kelas Ekonomi AC yang dimiliki dan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia yang melayani koridor Malang Kotabaru-Pasar Senen.
Atas permintaan pengguna, relasi diperpanjang hingga Blitar, lalu Malang. Pada awalnya, rangkaian kereta api Matarmaja berisi rangkaian ekonomi dan satu kereta bisnis, namun kemudian diubah menjadi keseluruhannya rangkaian ekonomi. Dalam pengoperasiannya, KA ini juga mengalami perubahan jalur. Awalnya KA ini menjalani rute selatan (lewat Purwokerto dan Yogyakarta), namun kemudian, demi mengisi kekosongan petak Semarang-Solo, KA ini akhirnya dioperasikan lewat jalur utara (Pekalongan hingga Semarang) dan kemudian berbelok ke jalur cabang arah Solo barulah kemudian menuju ke Malang. Mulai lebaran tahun 2012 ini kereta api matarmaja diganti dengan gerbong ekonomi ac terbaru.

Rangkaian Kereta
Stamformasi untuk rangkaian kereta api Matarmaja

    1 Lokomotif CC 203, CC 201
    1 Kereta Pembangkit (P1 ML)
    8 Kelas Ekonomi Ac Berbentuk Daun (K3AC ML)
    1 Kereta Makan dan Kereta Makan Pembangkit (M1, MP2, MP3, KMP3 ML)
    1 Kereta Aling-Aling Dan Kelas Ekonomi Yang Tidak Terpakai (B, K3 ML)

    1 Lokomotif CC 204, CC 206
    1 Kereta Pembangkit (P1 ML)
    1 Kelas Ekonomi Ac Milik Penataran Ekspres (K3 ML)
    7 Kelas Ekonomi Ac (K3AC ML)
    1 Kereta Makan dan Kereta Makan Pembangkit (M1, MP2, MP3, KMP3 ML)
    1 Kereta Aling-Aling Dan Kelas Ekonomi Yang Tidak Terpakai (B, K3 ML)

Stasiun-stasiun yang disinggahi
Kereta ini singgah di Stasiun Malang, Stasiun Kepanjen, Stasiun Sumberpucung, Stasiun Kesamben, Stasiun Wlingi, Stasiun Blitar, Stasiun Ngunut, Stasiun Tulungagung, Stasiun Kediri, Stasiun Nganjuk, Stasiun Madiun, Stasiun Solo Jebres, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatinegara,dan Stasiun Pasar Senen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar